Wedding News and Inspiration

Sebelum Nikah, Bahas 5 Hal Ini Dulu Yuk Dengan Pasangan!

Banyak yang bilang bahwa menikah adalah sebuah tujuan akhir yang harus dicapai. Eits, jangan salah! Perjalanan yang ‘sebenarnya’ baru akan dimulai saat...

· 1 min read >

Banyak yang bilang bahwa menikah adalah sebuah tujuan akhir yang harus dicapai. Eits, jangan salah! Perjalanan yang ‘sebenarnya’ baru akan dimulai saat sepasang kekasih mengucapkan janji untuk saling menyayangi sehidup semati di hari yang sakral itu. Kalau kamu kira masalah-masalah yang kalian hadapi semasa pacaran sudah cukup untuk mengenal pasanganmu lebih dalam menuju tahap pernikahan, kamu salah besar! Faktanya, kebanyakan orang yang telah menikah mengeluh tentang masalah yang mungkin bisa mereka dihindari jika dikomunikasikan terlebih dahulu sebelum mengikat ikatan sebagai suami dan istri. Nah, kira-kira apa aja sih hal-hal yang harus kita bahas sebelum menikah dengan pasangan?

Situasi keuangan masing-masing

 Obrolan tentang uang memang masih menjadi hal yan paling sensitif. Tapi, kebayang nggak sih kalau pasangan yang mau menikah nggak tahu tentang situasi keuangannya masing-masing? Gimana kalau ternyata pasangan punya hutang dimana-dimana? Kalian pasti ingin mencari solusi untuk menyelesaikan masalah itu dulu kan sebelum akhirnya menikah? Uang memang bukan segalanya, tapi kebutuhan untuk hidup memerlukan kemampuan finansial pasangan yang harus diperhitungkan.

Tempat tinggal setelah menikah

Masih ingat tiga kebutuhan pokok manusia (sandang, pangan, papan)? Kalau urusan sandang dan pangan sudah teratasi, sekarang giliran kalian menentukan dimana akan tinggal dan berteduh dari panas dan hujan. Mau beli rumah sendiri? Cari kontrakan/kos dulu? Atau tinggal di rumah orang tua suami/istri? Kalian yang tentukan. Karena, disaat merasa lelah, kalian harus tahu kemana untuk pulang.

Pembagian tugas rumah tangga

Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi setelah kalian memasuki kehidupan berumah tangga, pembagian tugas ini akan menjadi sangat krusial. Apalagi kalau kalian adalah pasangan yang sama-sama berkarir dan tidak berencana memiliki asisten rumah tangga. Siapa yang bertugas mencuci baju? Mencuci piring? Memasak? Menyetrika? Menyapu dan mengepel lantai? Semuanya melelahkan, tapi intinya, sebagai pasangan, kalian harus adil, bekerja sama dan mengerti keadaan satu sama lain!

Rencana membangun keluarga dan membesarkan anak

Menikah berarti menyatukan dua keluarga yang berbeda sekaligus membangun sebuah keluarga baru. Terlebih ketika nanti kalian memiliki keturunan dan menjadi keluarga kecil baru. Mulai dari masa kehamilan hingga bagaimana keinginan dari kalian masing-masing untuk membesarkan anak kalian nantinya. Semua hal harus benar-benar dibahas dan direncanakan.

Kesiapan membuat dan memenuhi perjanjian pra-nikah

Satu lagi hal yang tidak kalah penting untuk dibahas sebelum menikah. Yep, perjanjian pra-nikah atau prenuptial agreement—yang merupakan dokumen hukum sebelum menikah yang menentukan pembagian harta jika pernikahan berakhir dengan perceraian. Sebenarnya, tidak semua pasangan memiliki perjanjian ini. Namun, banyak anggapan mengenai pentingnya perjanjian ini.

Seperti dilansir pada Forbes, uang dan komunikasi merupakan dua dari tiga alasan utama mengapa orang bercerai. Selain penting untuk melindungi setiap pasangan, alasan terbaik untuk membuat perjanjian pra-nikah adalah untuk menumbuhkan komunikasi yang sehat sejak awal tentang keuangan masing-masing dari pasangan untuk mencegah perceraian pada akhirnya.

Untuk itu, ada baiknya kalian membahas mengenai hal-hal preventif seperti ini sebelum melangsungkan pernikahan demi kebaikan bersama. Tapi, ingat, semuanya harus disepakati bersama, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *