Wedding Finance

7 Trik Menabung Untuk Nikah yang Bisa Kamu Ikuti!

Ada banyak hal yang harus disiapkan untuk melangsungkan sebuah pernikahan—termasuk uang. Itu sebabnya, pasangan yang akan menikah selalu sibuk mencari vendor-vendor terbaik...

· 1 min read >

Ada banyak hal yang harus disiapkan untuk melangsungkan sebuah pernikahan—termasuk uang. Itu sebabnya, pasangan yang akan menikah selalu sibuk mencari vendor-vendor terbaik dengan harga terbaik dan sesuai dengan budget tabungan yang dimiliki. Cari tahu yuk caranya menabung agar kalian dapat segera melangsungkan pernikahan!

Pertama, komitmen untuk menabung! Hal apa lagi coba yang lebih penting daripada sebuah komitmen? 😉

Kedua, coba deh tentukan budget maksimal yang rela kalian keluarkan untuk pernikahan kalian. Setelah jumlah budget ditentukan, proses menabung pasti akan lebih mudah!

Ketiga,alokasi budget pernikahan kalian! Hal ini bisa kalian mulai dengan membuat daftar apa saja yang kalian inginkan untuk perayaan hari pernikahan kalian. Masukkan juga biaya bulan madu hingga pengeluaran tak terduga lainnya dan jangan lupa untuk tetap menentukan hal-hal yang lebih prioritas, ya!

Keempat, buatlah rekening/tabungan khusus untuk biaya pernikahan. Dengan melakukan ini, kalian akan lebih terorganisir dalam menyisihkan sebagian pendapatan kalian sehingga tabungan kalian nggak akan tercampur uang untuk keperluan lainnya.

Kelima, menabung secara bertahap. Cara ini bisa mempermudah kalian dalam mengetahui perkembangan tabungan berdasarkan tahapan cicilan yang sudah kalian bayarkan. Contoh, tahapan pertama adalah menabung untuk biaya sewa gedung senilai Rp 70.000.000 selama 7 bulan. Apabila biaya tersebut telah terpenuhi, kalian dapat melanjutkan tabungan tahap kedua untuk biaya katering hingga terpenuhi yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan ketiga untuk biaya lain dan seterusnya.

Keenam, terapkan gaya pacaran hemat! Kalau kalian sadar berapa banyak biaya yang kalian keluarkan untuk nonton bioskop dan candle light dinner setiap minggu selama beberapa bulan, kalian pasti menyesal deh kenapa uangnya nggak ditabung saja? Anggaplah nonton bioskop setiap malam minggu selama satu bulan, artinya Rp 100.000 untuk dua tiket reguler, candle light dinner atau sekadar makan diluar Rp 250.000 untuk berdua, semua dikalikan dikalikan 4 minggu. Dalam sebulan, kalian sudah mengeluarkan seenggaknya Rp 1.400.000 hanya untuk nonton dan makan. Belum ditambah untuk makan dan transportasi sehari-hari. Kebayang, kan, berapa banyak uang yang harusnya bisa kalian tabung? Padahal, masak atau makan bareng di rumah sambil nonton Netflix juga seru, lho!

Ketujuh, kontrol diri. Ini dia hal yang kayaknya susah untuk dilakukan, tapi percaya, deh, kalau kalian bisa kontrol diri untuk menghemat pengeluaran tanpa belanja-belanja impulsif yang cuma memenuhi ke-banyak mau-an kita, pasti semakin cepat juga kalian bisa menuju pelaminan. Jadi, gimana, sudah siapkah kalian menabung untuk menikah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *